SupirPete2

WhatsApp Tidak Lagi Tersedia Untuk Blackberry, Nokia, Windows Phone dan iPhone Jadul Mulai 1 Januari 2018

WhatsApp mengumumkan pada hari Kamis 28 Desember 2017 bahwa aplikasi mobile-nya akan berhenti bekerja pada beberapa smartphone jadul mulai tahun depan, mereka fokus pada pengembangan fitur baru untuk platform pesan populer.

Jadi mulai tanggal 1 Januari 2018, aplikasi Pesan Whatsapp tidak lagi mendukung perangkat iPhone 3GS dan model lama, serta iPhone yang menjalankan iOS 6 dan sebelumnya. Daftar sistem operasi perangkat yang tidak lagi didukung oleh aplikasi pesan Whatsapp:

  • BlackBerry OS and BlackBerry 10
  • Nokia S40
  • Nokia Symbian S60
  • Android 2.1 and Android 2.2
  • Windows Phone 7
  • iPhone 3GS/iOS 6

WhatsApp mengatakan bahwa ketika didirikan pada tahun 2009, lanskap mobile sangat berbeda. Memang pada waktu itu sekitar 70 persen smartphone yang terjual memiliki sistem operasi yang ditawarkan oleh Blackberry dan Nokia.

“Sistem operasi mobile yang ditawarkan oleh Google, Apple dan Microsoft – yang menyumbang 99,5 persen penjualan hari ini – berada di kurang dari 25 persen perangkat mobile yang terjual saat itu.”

Apple iPhone 3GS dirilis pada bulan Juni 2009, sementara iOS 6 dirilis pada tanggal 19 September 2012, diikuti oleh iOS 7 pada tahun 2013. Menurut Apteligent Research, kurang dari 0,04 persen pengguna iPhone saat ini menggunakan iOS 6. OS terbaru Apple mobile , iOS 11, dirilis pada tanggal 19 September 2017, dan mencakup lebih dari 75 persen pengguna iOS aktif.

Memang belakangan ini update Whatsapp memiliki banyak perubahan dan kaya fitur. Bagi kalian yang masih memiliki smartphone jadul langkah yang diambil Whatsapp pasti membuat kecewa. (Kasian yaa 😝 yang sering dikecewakan). Tapi hey masa iya mau bertahan dengan perangkat jadul? Saya masih ingat dulu juga menggunakan Nokia E63 dan Whatsapp sebagai sarana komunikasi, tampilan dan fitur jauh sangat sederhana.

Untuk perangkat iOS sendiri sejak awal 2017 update Whatsapp mengikuti tampilan iOS 10. Kesan yang pertama muncul yaitu Bold dan terlihat simpel. Kemudian ada fitur Status Story sama seperti di Instagram dan Facebook (kan mereka bersaudara yaa). Broadcast List, dan yang terakhir saat ini fitur menghapus Chat yang dikirim sebelum dibaca penerima. Bagaimana dengan kamu? Masih menggunakan aplikasi Whatsapp di perangkat jadul?

aboutiwe

ᴮᵁᴷᴬᴺ  f̸a̸n̸b̸o̸y̸

Add comment

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.