SupirPete2

WhatsApp Meluncurkan Fitur Stiker

Sudah cukup lama isu tersebar bahwa WhatsApp akan mendukung percakapan dengan ditambahkannya fitur stiker. Seperti yang pernah ditulis @wabetainfo dalam artikelnya tentang WhatsApp yang akan didukung dengan paket stiker yang ada pada facebook. Namun selain itu ke depannya WhatsApp juga akan didukung paket Stiker dari pihak ketiga.

Nah, bagaimana cara menggunakan fitur stiker ini di WhatsApp?

• Update aplikasi WhatsApp ke versi 2.18.329 Android (fiturnya sudah ada sejak versi 2.18.310 Android) dan 2.18.100 iOS untuk menerima pembaruan fitur stiker.

• Untuk iOS, fitur stiker terkadang tidak muncul dan agak lambat. Sedang untuk pengguna Android sudah bisa langsung menemukan fitur stiker ini di versi 2.18.329.

• Bila kamu telah mengupdatenya ke versi tadi namun tidak menemukan fitur stiker tersebut, silahkan backup chat history kemudian install ulang WhatsApp, jika kamu tidak ingin menunggu terlalu lama.

• Versi 2.18.100 tidak didukung iOS 7. Jadi kamu harus mengupdate ke iOS terbaru terlebih dahulu.

Sejak 24 Oktober 2018, WhatsApp meluncurkan untuk pengguna iOS dan Android fitur stiker diawali dengan 12 paket stiker:

Cuppy by Minseung Song, Salty by Alisa Kryzhanovska, Komo by Sanat Rath, Bibimbap Friends by Pete Ellison, Unchi & Rollie by nu1t, Shiba Inu by Aiko Kuninoi, The Maladroits by Cole Ott, Koko by Hanasake Picture Inc., Fearless and Fabulous by Ann Shen, Banana by Jayde Fish, Biscuit by Ghostbot and Hatch by Hatch.

Paket stiker ini masih dalam bentuk stiker statis, namun tidak menutup kemungkinan akan mendukung stiker animasi di waktu yang akan datang. Sedangkan untuk Windows Phone akan segera menyusul untuk mendapatkan fitur stiker ini.

Untuk mengirim stiker, tap pada tombol stiker, berada di chat bar pada iOS dan di Keyboard pada Android, kemudian kamu akan temukan WhatsApp Store, dan pilih paket stiker apa saja yang kamu inginkan. Semua paket stiker ini gratis loh!!

Ketika kamu menerima sebuah stiker, kamu bisa langsung membuka paket stiker lainnya dan mengunduhnya. Sama seperti di aplikasi chat lainnya sih, semacam Line, Telegram dan BBM (masih adakah yang menggunakan BBM?).

WhatsApp juga menambahkan fitur yang sangat penting: Kategori Stiker. Jadi kamu bisa memilih stiker berdasarkan kategori jenis stikernya misalnya kategori sedih, senang dan lainnya.

Pada WhatsApp Stickers Store resmi, kamu bisa mengunduh, menghapus, dan mengatur paket stiker.

Ketika kamu mengirim stiker di perangkat smartphone, penerima yang meski pun bukan pengguna WhatsApp Beta tetap akan melihat stiker yang kamu kirim. Begitu pula ketika kamu dikirimkan stiker pada WhatsApp versi Web. Namun, jika belum muncul kamu hanya perlu mengosongkan cache browser.

Sudahkah kamu mendapatkan fitur stiker WhatsApp ini?

aboutiwe

ᴮᵁᴷᴬᴺ  f̸a̸n̸b̸o̸y̸

Add comment

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.