SupirPete2

Pemenang Tak Harus Angkat Piala

Makassar – Move On! Setelah rasa lelah yang amat sangat selama semusim mengarungi Liga 1, hanya dua kata ini yang membuat saya dan semua yang ada di tim PSM bangkit dan menjadikan moment terakhir sebagai kenangan meskipun terasa pahit.

Selama 1 musim 2018, bahkan sejak masa persiapan di awal tahun, tim ini berusaha membangun kembali puing-puing duka di musim sebelumnya, dimana PSM gagal juara dan finish di urutan ke 3. Bahkan kegagalan lolos ke kompetisi Asia (AFC Cup) akibat tidak mendapatkan lisensi klub menambah sakitnya luka hati. Tim pun sepakat bangkit dan tetap menargetkan juara di musim 2018 dan tentu saja mendapatkan lisensi untuk bermain di kompetisi Asia.

Namun ternyata cobaan masih saja menjadi bagian dari jalan berliku Pasukan Ramang. Berbagai permasalahan muncul dan cukup mengganggu kerja tim. Berkat kekompakan dan kebersamaan yang terjalin, tim ini mampu keluar dari berbagai tekanan yang berat.

Air mata pun menjadi bagian dari perjalanan PSM untuk dapat merengkuh predikat juara. 18 tahun lamanya menahan dahaga yang tak kunjung diraih. Luapan emosi menyertai perjuangan anak asuh Robert Rene Alberts mengawal hingga akhir kompetisi.

PSM Makassar memetik banyak pelajaran berharga. Masih ada hal baik yang membuktikan PSM Makassar pantang menyerah. Jika musim lalu gagal mendapatkan lisensi klub dan tiket ke kompetisi Asia, musim ini kita berhak menyandang sebagai klub profesional.  PSM Makassar pun kembali mengikuti kompetisi di kancah Asia yaitu AFC Cup setelah bertahun-tahun lamanya hanya berputar-putar di kompetisi domestik saja. Dan ini berkat kerja keras semua pihak yang ingin tim ini maju dan berprestasi.

Pemenang tak harus angkat piala. Pemenang tak selalu tentang juara. Tim ini telah menjadi pemenang kala mampu melewati musim kompetisi 2018 meskipun dengan keterbatasan. Tim ini telah menjadi pemenang di kala seluruh pendukungnya tetap mencintainya meskipun tak juara. Tim ini telah berhasil membuktikan bahwa pemenang harus sampai di garis finish apapun hasil akhirnya. (*)

Widya Syadzwina

Add comment

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.