SupirPete2

Mengaktifkan Fitur Emergency SOS di iOS 11

Hingga saat ini iOS 11 masih menjadi topik hangat untuk dibahas. Salah satunya adalah fitur keamanan yang disebut Emergency SOS.

Sesuai dengan namanya, kamu dapat memanggil bantuan darurat 112 ketika sedang berada dalam keadaan bahaya, ditodong pisau oleh mantan misalnya. Mode ini bisa diakses dengan cara cepat yaitu tekan Power Button sebanyak 5x berturut-turut. Uniknya fitur ini juga bisa digunakan untuk disable atau nonaktifkan Touch ID saat kamu mengalami kondisi darurat.

Caranya juga mudah kamu tinggal tekan Power Button sebanyak 5x secara cepat. Layar perangkat iOS akan menampilkan 3 tombol yang bisa digeser yaitu Slide to Power Off, Medical ID dan Emergency SOS. Untuk disable atau nonaktifkan fitur Touch ID, silakan tekan tombol Cancel di bagian bawah. Sekarang kamu harus menggunakan Passcode Lock sebagai satu-satunya cara membuka kunci di Lockscreen perangkat iOS 11. Sebagai tambahan, akses Touch ID juga bisa dimatikan jika kamu sudah selesai melakukan sebuah panggilan darurat.

Mungkin kamu bingung, kenapa fitur ini dianggap penting? Secara sederhana, mode nonaktifkan Touch ID ini bisa digunakan untuk membuat perangkat iOS 11 lebih aman. Terutama dari kondisi pencurian atau mungkin disertai tindakan mengancam dari orang jahat yang mengambil iPhone kamu lalu meminta akses sidik jari dengan menodongkan senjata misalnya. Apalagi di Makassar beberapa waktu yang lalu banyak kejadian pembegalan.

“This is a handy hidden feature because it allows Touch ID to be disabled discretely in situations where someone might be able to force a phone to be unlocked with a fingerprint, such as a robbery or an arrest. With Touch ID disabled in this way, there is no way physically unlock an iPhone with a finger without device’s passcode.”

~ MacRumors

Ketika kamu mengaktifkan fitur ini, tidak ada pesan yang tampil di layar bahwa kamu telah melakukan disable Touch ID lewat Emergency SOS. Tampilan di layar hanya menyebutkan bahwa kamu harus input Passcode Lock untuk kembali menggunakan fitur keamanan sidik jari ini, sama seperti sistem keamanan ketika perangkat iOS tidak dibuka dengan Touch ID lebih dari 48 jam.

Jadi bagi kalian pengguna iPhone yang sebelumnya hanya menggunakan Passcode Lock atau Touch ID sebagai pengaman, baiknya mulai mengaktifkan fitur keamanan baru di iOS 11 ini. Untuk melengkapi fitur ini gunakan Passcode Lock yang aman dan tidak ada orang lain yang tau. Menurutku Passcode Lock itu cukup kita dan Tuhan yang tau 😝 jangan dibagikan dengan pacar, sahabat atau bahkan mantan 😔

SaveSave

aboutiwe

ᴮᵁᴷᴬᴺ  f̸a̸n̸b̸o̸y̸

Add comment

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.