SupirPete2

Imaji Seabad Republik Bersama Chelsea Islan di Panggung Indonesia 2045

Jakarta – 14 orang muda Indonesia dari berbagai bidang, berdiri di Panggung Indonesia 2045 pada Minggu (26/11) di Perpustakaan Nasional, Jakarta. Bergantian mereka mempresentasikan inisiatif, gagasan, juga terobosan konkret yang telah mereka lakukan. Najwa Shihab didapuk sebagai host bagi 14 orang muda yang tampil di #PanggungIndonesia2045.

#Panggung2045 merupakan bagian dari ajang Tempo Media Week 2017 yang hadir dengan tema Hand in Hand for A Better Digital Society. Para pemuda yang akan dipandu Najwa adalah Chelsea Islan, Prasetyo Andi Wicaksono, Irfan L. Sarhindi, Sulfahri, Firdaus Putra Aditama, Dissa Syakina, Nurkartika Eka Candra, Robby Wahyu Riyodi, Jamaluddin M. Nur Tanggiling, Ayu Kartika Dewi, Heni Sri Sundani, Arfian Fuady, Reynaldi Prasetya, Putri Handayani.

“Sebagai anak muda saya bertanggung jawab untuk melakukan perubahan. Berikan kontribusi kita dengan karya-karya yang positif agar bangsa ini maju. Bahkan mungkin tak perlu menunggu 2045, tetapi sekarang dan di sini.” – Chelsea Islan

Ketua Panitia Tempo Media Week 2017, Mardiyah Chamim menjelaskan bahwa ke-14 orang muda ini adalah inspirasi bagi kita semua. “Masing-masing mereka berkarya, bukan hanya untuk dirinya tetapi juga untuk komunitas dan masyarakat sekitar. Orang-orang muda ini pula yang akan mewarnai dan menentukan arah Indonesia di masa depan,” kata Mardiyah.
Dissa Syakina misalnya, meninggalkan karir dan pendapatan tinggi di Singapura untuk merintis tempat usaha yang memberdayakan tunarungu. Adapun Prasetyo Andy Wicaksono, karyanya amat dirasakan bagi masyarakat Jakarta. Ia adalah pembuat aplikasi Qlue, aplikasi pengaduan masyarakat melalui ponsel.

“Para inspirator, hadirin, berkumpul dan membuhulkan doa dan imaji untuk Indonesia 2045, optimisme menuju seabad republik,” kata Mardiyah. Forum ini mencoba mempertemukan peserta dengan para narasumber dalam lingkaran diskusi yang hangat dan interaktif. Pada penutupan, Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi diharapkan hadir pada akhir acara.

Pada kesempatan tersebut, Chelsea menegaskan pentingnya memegang teguh jati diri bangsa Indonesia. “Saya sendiri memiliki mimpi sebagai anak muda untuk tetap memegang teguh apa yang menjadi jati diri atau DNA bangsa Indonesia, yaitu DNA keberagaman, DNA kebinekaan, dalam kata yang lain, yaitu jati diri Bhinneka Tunggal Ika,”

Menurut Chelsea, pemuda Indonesia yang mencapai 64 juta orang merupakan potensi yang harus didorong kualitasnya. “Jumlah yang besar tentu saja belum cukup jika tidak diikuti dengan kualitas anak muda kita. Makanya saya juga mengajak agar anak muda Indonesia harus berkarya dan terus mendorong perubahan. Bayangkan, jumlah yang banyak itu jika kita mendorong perubahan positif, kita bisa jauh melesat majunya.”

“Sebagai anak muda saya bertanggung jawab untuk melakukan perubahan. Berikan kontribusi kita dengan karya-karya yang positif agar bangsa ini maju. Bahkan mungkin tak perlu menunggu 2045, tetapi sekarang dan di sini,” kata Chelsea.

Selain Panggung Indonesia 2045, berbagai kegiatan pendukung seperti pameran, diskusi panel, workshop, masterclass, seminar, hingga ngobrol ringan digelar dalam rangkaian acara Tempo Media Week. Melalui Tempo Media Week 2017 publik diajak untuk bersama berkontribusi membuat wajah Indonesia yang lebih baik, di tengah revolusi digital yang kini membawa tsunami informasi.

SaveSave

SupirPete2

Add comment

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.