SupirPete2

Bonek, dan Cara Mereka Mencintai Persebaya

Surabaya – Saya membuat tulisan ini sebagai seseorang yang mencintai sepakbola. Bukan sebagai sekretaris ataupun Head of Media dari klub kebanggaan PSM Makassar. Meskipun kehadiran saya di Stadion Gelora Bung Tomo adalah untuk bekerja dan pastinya mendukung tim kesayangan saya, PSM Makassar berlaga demi menambah pundi-pundi poin agar semakin kokoh di puncak klasemen.

Kali ini saya tidak ingin membahas tentang PSM yang gagal meraih poin di Stadion Bung Tomo. Saya hanya ingin menuangkan suasana hati saya saat bertandang ke markas Bajul Ijo. Saat melihat ribuan bonek hadir memenuhi stadion untuk mendukung tim kebanggaan mereka. Entah mengapa saya tiba-tiba meneteskan air mata melihat dan mendengar bonek bernyanyi. Saya terbawa kenangan masa lalu kala PSM bertemu Persebaya 6 tahun silam di stadion 10 November, tepatnya 8 Januari 2012, tandang pertama saya ke markas Bajul Ijo sebagai Media Officer. Lalu saya mengingat penantian mereka bertahun-tahun lamanya menanti tim kesayangannya kembali berlaga di sepakbola Indonesia. Betapa sakitnya tak bisa memberikan dukungan kepada tim kesayangan dalam waktu yang lama.

Bonek dan Persebaya. Saya memang bukan orang yang terlahir di kota Pahlawan. Saya pun bukan pendukung tim asal kota Surabaya tersebut. Tetapi saya ingin menyampaikan respek saya kepada mereka layaknya seorang sahabat. Sahabat yang ikut gelisah di kala Bajul Ijo tak kunjung kembali. Sahabat yang ikut bergembira disaat Bajul Ijo akhirnya kembali meskipun harus memulai eksistensinya dari kasta kedua. Sahabat yang ikut menyambut kehadiran Bajul Ijo kembali ke kasta tertinggi sepakbola Indonesia, Liga 1, setelah membuktikan diri sebagai jawara di Liga 2.

Cara bonek mencintai Persebaya menunjukkan kecintaan mereka yang luar biasa. Tak pernah berpaling dan meninggalkan yang dicintainya dalam kondisi dan situasi apapun. Mereka tetap setia menanti hingga sang kekasih kembali.

Semoga PSM Makassar dan Persebaya selalu bersama mengarungi liga teratas di Indonesia. Semoga pendukung PSM Makassar dan pendukung Persebaya selalu menjadi saudara yang senantiasa berangkulan di manapun berada.

Widya Syadzwina

2 comments

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.