SupirPete2

Sistem Penggerak Roda: All Wheel Drive (AWD) dan Four Wheel Drive (4WD/4×4)

Sistem penggerak roda pada mobil, selain terdiri dari dua penggerak roda yang terbagi atas Front Wheel Drive (FWD) dan Rear Wheel Drive (RWD), juga terdiri dari empat penggerak roda yang terbagi lagi atas All Wheel Drive (AWD) dan Four Wheel Drive (4WD/4×4).

AWD dan 4WD pada dasarnya merupakan sistem penggerak di mana tenaga dari mesin disalurkan ke keempat roda mobil. Akan tetapi, perbedaan paling mendasar antara AWD dan 4WD adalah AWD akan terus menerus menggunakan keempat rodanya sebagai roda penggerak, sedangkan mobil 4WD hanya akan menggunakan keempat rodanya sebagai roda penggerak ketika dibutuhkan saja. Jika tidak dibutuhkan, maka mobil 4WD bisa hanya menggunakan dua roda penggerak saja.

4WD terbagi atas part time dan full time. Part time 4WD, maksudnya adalah ketika mobil tidak membutuhkan keempat rodanya sebagai penggerak, maka dapat dialihkan ke 2WD. Sedangkan mobil yang menggunakan sistem full time 4WD, maka mobil tersebut memiliki pilihan 4H (High Range, dapat digunakan pada keadaan normal) dan 4L (Low Range, biasanya digunakan pada medan offroad berat yang membutuhkan tenaga dan torsi maksimal dari mesin). Berbeda dengan full time 4WD, sistem kerja AWD tidak memiliki pilihan 4H ataupun 4L.

Sistem penggerak pada mobil berpenggerak empat roda, baik itu AWD maupun 4WD diatur oleh transfer case untuk pembagian traksi antara roda depan dan roda belakang dari transmisi menggunakan drive shaft agar mendapatkan traksi maksimal. Maka jika salah satu ban selip, maka traksinya akan dialihkan ke ban lain untuk menjaga mobil agar tetap mendapatkan traksi maksimal. Namun kekurangan dari sistem penggerak empat roda ini adalah beban yang berat karena banyak komponen yang digunakan, dan tentu saja konsumsi BBM yang tidak sedikit karena harus menggerakkan keempat rodanya.

Mobil-mobil yang menggunakan 4WD biasanya adalah kendaraan SUV seperti Mitsubishi Pajero Sport 4×4, Toyota Land Cruiser, sebagian besar jenis Jeep, dan mobil-mobil double cabin seperti Nissan Navara, Mitsubishi Triton, Ford Ranger, dll. Sedangkan mobil-mobil yang menggunakan sistem AWD biasanya terdiri dari jenis sedan, seperti sebagian besar jenis Subaru (kecuali Subaru BRZ), Audi R8, Mitsubishi Lancer Evolution, hingga Lamborghini Hurracan dan Bugatti Veyron.

SaveSave

SaveSave

SaveSave

Wildan Rizky

A half-blood final year law student that love automotive and a big fans of PSM Makassar. Mail me at wildan[at]supirpete2.com, or you can meet me on my social media down below:

Add comment

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.